Sosialisasi Pasca Sarjana IAIN Pontianak di Kemenag Kota Singkawang

Singkawang (22/8/2014)–Dalam rangka sosialisasi dan penyebarang informasi secara luas tentang Pasca Sarjana IAIN Pontianak, Kemenag Kota Singkawang Jumat Siang 22 Agustus 2014 kedatangan tamu dari Pasca Sarjana IAIN Pontianak.

Sosialisasi ini dipimpin oleh Wakil direktur Pasca Sarjana IAIN Pontianak, Dr. Misdah, M. Pd yang didampingi seorang Staf beliau, yakni Jetriana, S. Ag. Sebelum sosialisasi dilaksanakan, Dr. Misdah, M. Pd beserta stafnya tersebut terlebih dulu diterima oleh Kasubag TU, Drs. H. Arnadi, M. Pd di ruang kerja beliau.

Setelah bersilaturahmi dengan Ka. Sub. Bag. TU, Dr. Misdah, M. Pd melaksanakan Sosialisasi Pasca Sarjana IAIN Pontianak. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang. Sasaran dari sosialisasi ini adalah Para guru dan pengawas Madrasah/PAI dan penyuluh Fungsional. Adapaun jumlah peserta yang menghadiri sosialisasi ini sebanyak 30 orang.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam, H. Azhari, S. Ag, M. Si, mewakili Kepala Kantor. Kasi Pendis dalam tanggapannya menyambut baik sosialisasi tersebut dan menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi atas kedatangan Wakil Direktur Pasca Sarjana IAIN Pontianak, Dr. Misdah, M. Pd. Beliau mengatakan kedatangan utusan Pasca Sarjana IAIN Pontianak ke KanKemenag Kota Singkawang merupakan sebuah kehormatan.

Beliau berharap agar para peserta sosialisasi tersebut dapat mengikuti pemaparan yang akan disampaikan dengan baik. Selain itu beliau juga berharap agar para guru dan pengawas Madrasah/PAI dihimbau untuk memanfaatkan kesempatan yang amat baik ini karena nantinya ada wacana penerima sertifikasi harus memiliki kualifikasi lulusan Pasca Sarjana (S2).

Dr. Misdah, M. Pd memaparkan secara ringkas sejarah, visi misi serta program pasca sarjana IAIN Pontianak dengan program studi Magister Pendidikan Agama Islam dengan konsentrasi 17 mata kuliah antara lain: Metodologi Penelitian Kuantitatif, Metodologi Penelitian Kualitatif, Filsafat Pendidikan Islam, Manajemen Mutu Pendidikan Islam, Pengembangan Pembelajaran PAI, tafsir dan hadits tarbawi, bahasa arab dll. Terdapat 28 orang tenaga pengajar pada pasca sarjana IAIN Pontianak.

Lima orang di antaranya adalah guru besar sedangkan selebihnya adalah para Doktor. Beliau menjelaskan bahwa para guru dan pengawas Madrasah/PAI perlu meningkatkan kualitas terutama dari segi kualifikasi sebagai salah satu konsekuensi dari penerimaan sertifikasi. Menurut beliau, sertifikasi bukan semata-mata peningkatan kesejahteraan bagi para guru, akan tetapi juga peningkatan kualitas seorang guru yakni meningkatkan kualifikasi pendidikannya dengan menempuh studi pada pasca sarjana (S2).

Di samping itu, beliau menyatakan demi memudahkan para guru dan pegawas madrasah/PAI, terbuka kemungkinan adanya kemudahan dengan pelaksanaan perkuliahan di Singkawang. Akan tetapi dengan syarat, terdapat minimal 20 orang yang mengikutinya.

Menanggapi rencana baik tersebut, Kasi Pendis selaku moderator pada acara ini memberikan jawaban tentang kelanjutan sosialisasi ini mengatakan akan menginventarisir terlebih dahulu potensi yang ada kemudian melaporkannya ke pihak IAIN Pontianak nantinya setelah ada hasil. (Azis/Hms)

sumber: http://kalbar.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=208002

Leave a Reply