Ekonomi Syariah

Visi Program Studi ES

Terwujudnya Program Studi Magister Ekonomi Syariah yang Unggul dan Terbuka Dalam Kajian dan Riset Ilmu Ekonomi Syariah Berbasis Budaya Borneo.

  • Unggul artinya program studi Ekonomi Syariah pascasarjana IAIN Pontianak berdaya saing kompetitif melalui produk ekonomi syariah unggulan lokal Ke-Borneoan sebagai penciri khas yang mampu memerkaya khazanah ekonomi syariah Nasional dan internasional.

Unggul indikatornya:

  1. Mulai tahun 2019, tersedia minimal 25% riset Dosen ES yang berkonten ekonomi syariah yang telah diterbitkan di jurnal bereputasi nasional dan internasional.
  2. Pada tahun 2022 program studi ES telah memiliki lebih dari 60% dosen yang keilmuannya berlatar-belakang linear dengan ekonomi syariah.
  3. Minimal pada tahun 2023, telah tersedia 50% dosen yang telah menerbitkan artikel atau buku dengan tema ekonomi syariah Borneo yang bereputasi nasional dan/atau internasional.
  4. Pada tahun 2025, program studi ekonomi syariah IAIN Pontianak telah menjadi kiblat keilmuan Ekonomi Syariah di kawasan Kepulauan Borneo dan keindonesiaan secara luas. 
  • Terbuka maknanya adalah Prodi ES Pascasarjana Menjadi Pusat Pengembangan Perekonomian Islam di bentangan kawasan Kepulauan Borneo dan dunia internasional.

Terbuka,  indikatornya:

  1. Paling lama pada tahun 2023 Memiliki MoA nasional dan internasional dalam pengembangan keilmuan dan riset dan kajian dalam konten ekonomi syariah dengan 10 (sepuluh) perguruan tinggi unggul di Indonesia dan luar negeri (Tunisia, Malaysia, Brunai Darussalam)  yang memiliki program studi sejenis;
  2. Pada tahun 2024 menjadi program studi nomor 5 yang paling diminati di wilayah regional Borneo;
  3. Pada Tahun 2020 telah terbentuk Forum Kerjasama Program Studi Ekonomi Syariah pada perguruan tinggi Islam setingkat regional Borneo (Kalimantan).
  4. Pada tahun 2025, mahasiswa program Magister ES IAIN Pontianak telah menerima mahasiswa dari luar Kalimantan Barat.
  5. Paling lama pada tahun 2025, telah tersedia rintisan untuk membuka pertukaran mahasiswa dan dosen dari Negara-negara berbatasan langsung dengan Indonesia, seperti Malaysia, Brunai Darussalam dan kawasan sekitarnya.

Misi Program Studi ES

  • Menyelengggarakan Pendidikan dan Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah yang Kritis dan Multidisiplin dalam Perspektif Kebudayaan Borneo Secara Teori dan Praktik. (Pedoman Kurikulum Pascasarjana IAIN Pontianak Tahun 2017)

Indikatornya:

  1. Mulai tahun 2020, 50% perkuliahan telah terintegrasi dengan dunia usaha Nasional dan Internasional berbasis syariah untuk beberapa matakuliah yang memiliki content yang sama.
  2. Pada tahun 2021 telah ada rintisan untuk melakukan riset kolaboratif antar-PTKIN se-Kalimantan dalam bidang ekonomi syariah.
  3. Mulai tahun 2019, telah tersedia minimal 60% riset bertema ekonomi syariah dengan content ke-Borneo-an.
  4. Mulai tahun 2019, perkuliahan Dosen sudah menggunakan sistem perkuliahan interaktif.
  5. Pada tahun 2020, 25% tugas dan project social individu mahasiswa dalam setiap perkuliahan telah terintegrasi antarmatakuliah lintas program studi program S2.
  • Mengembangkan Riset Ekonomi dan Bisnis Syariah yang Mampu Memberikan Kontribusi pada Masyarakat. (Pedoman Kurikulum Pascasarjana IAIN Pontianak Tahun 2017)

Indikatornya:

  1. Minimal pada tahun 2025, 25 % riset dan publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa telah berbentuk riset aplikatif dan tepat guna yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas.
  2. Minimal pada tahun 2021, telah terbentuk jejaring riset ekonomi syariah yang menerbitkan hasil riset dalam jurnal ekonomi syariah yang dipublikasikan secara luas.
  3. Pada tahun 2024, telah terbentuk MoU dengan lembaga keuangan mikro dan lembaga keuangan serta UMKM yang berada di Kalimantan Barat.
  • Menghasilkan Magister Ekonomi Syariah yang Berakhlak Mulia dan Berintegritas. (Pedoman Kurikulum Pascasarjana IAIN Pontianak Tahun 2017)

Indikatornya:

  1. Mulai tahun 2019, 100% penulisan tesis, makalah dan tugas perkuliahan mahasiswa telah bebas dari plagiasi yang dibuktikan dengan melampirkan Turnitin plagiarism checker dengan passing grade similarity 25%.
  2. Mulai tahun 2019, seluruh aktivitas perkuliahan [mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan] telah terdokumentasikan dan berbasis SIAKAD IAIN Pontianak.
  3. Mulai tahun 2019 seluruh perkuliahan telah lolos uji monitoring dari Lembaga Penjaminan Mutu Internal Pascasarjana IAIN Pontianak.
  • Memperkuat dan Memperluas Kerja Sama yang Produktif dengan Instansi Pemerintah, Perguruan Tinggi dan Lembaga-Lembaga/Industri Syariah.(Pedoman Kurikulum Pascasarjana IAIN Pontianak Tahun 2017)

Indikatornya:

  1. Pada tahun 2020, telah tersedia 20 MoU dan MoA dengan 20 institusi perbankan berbasis syariah, lembaga non-bank dan UMKM dan PTAIN/PTN dalam skala Nasional dan Internasional.
  2. Mulai tahun 2019, perkuliahan di program studi ES telah mengakomodir minimal 25% Dosen dari kalangan praktisi ekonomi syariah yang berasal dari kalangan profesional, pelaku bisnis dan praktisi ekonomi syariah dari lembaga ekonomi syariah pemerintah dan industry syariah.
  3. Paling lama pada tahun 2020 telah tersedia lembaga inkubator bisnis berbasis syariah yang bekerja sama dengan pihak terkait di lingkungan program studi ES. 

Dari beberapa rumusan visi dan misi Program Studi Ekonomi Syariah Pasacasarjana IAIN Pontianak tersebut kemudian dicantumkan di dalam SK Rektor IAIN Pontianak Nomor 174 Tahun 2017 tentang Visi, Visi, Tujuan dan Sasaran Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Pontianak


Tujuan Program Studi ES

  • Tujuan Umum

Tujuan umum Program studi Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Pontianak adalah menghasilkan Magister Ekonomi Syariah yang memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Mampu mengelola lembaga ekonomi berbasis syariah.

Indikatornya:

  1. Pada tahun 2019, telah meluluskan minimal 10% dari populasi mahasiswa program studi Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Pontianak;
  2. Minimal pada tahun 2019, 30% perkuliahan mahasiswa telah berkonten tugas yang memberikan pengalaman studi lapangan dalam bentuk praktek langsung di berbagai lembaga dan institusi ekonomi syariah;
  3. Mulai tahun 2019, 100% perkuliahan yang berkarakter praktek telah dilaksanakan sepenuhnya sesuai dengan tuntutan kompetensi dalam kurikulum ES pascasarjana.
  • Mampu menjadi praktisi dalam bidang ekonomi syariah yang dapat diaplikasikan dalam dunia bisnis dan non-bisnis.

Indikatornya:

  1. Minimal pada tahun 2022, 50% alumni program Magister ES telah terserap di pasar kerja domestik di lembaga ekonomi syariah, perbankan syariah, UMKM dan usaha non-bank lainnya.
  2. Pada akhir tahun 2023, 30% alumni telah memiliki unit usaha mandiri (menjadi wirausaha) yang mampu menyerap tenaga kerja yang wirausahanya terutama berasal dari alumni ES pascasarjana atau yang berlevel S1 dari FEBI IAIN Pontianak.
  • Mampu melakukan riset berbasis ekonomi syariah untuk pengembangan keilmuan dan kajian ekonomi syariah.

Indikatornya:

  1. Pada akhir tahun 2019, 100% tesis mahasiswa telah diterbitkan dalam bentuk buku referensi tidak lagi dalam bentuk laporan penelitian seperti selama ini.
  2. Pada akhir tahun 2020, 40% tesis telah diterbitkan di jurnal bereputasi nasional dan internasional.
  3. Menjadi wirausaha yang mengembangkan dan menyerap tenaga kerja yang wirausahawannya berasal dari alumni program studi ES pascasarjana
  4. Minimal dua tahun setelah menyelesaikan studi di program studi ES pascasarjana [bagi mahasiswa yang belum bekerja] telah mampu bekerja di lembaga ekonomi syariah.
  5. Minimal lima tahun setelah menyelesaikan studi di program studi ES pascasarjana, para alumni telah mampu membuka unit usaha sendiri yang sebagian tenaga kerja ahlinya berasal dari alumni program studi ES pascasarjana IAIN Pontianak.
  • Tujuan Khusus

Tujuan khusus program studi  Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN pontianak adalah menghasilkan Magister Ekonomi Syariah yang memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kompetensi mahasiswa dengan mendatangkan dosen tamu baik dari dalam maupun luar negeri.
  2. Menyediakan sarana laboratorium praktek ekonomi dan keuangan syariah seperti galery bursa saham syariah.
  3. Menghasilkan tugas-tugas perkuliahan berbasis jurnal nasional dan internasional yang terindeks.
  4. Pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan melalui peminatan riset masing-masing mahasiswa. 

Sasaran dan Strategi Pencapaian Prodi ES

  • Sasaran

Sasaran untuk mencapai target di atas melalui proses perkuliahan di program studi ES Pascasarjana dengan cara:

  1. Setiap mahasiswa wajib menyelesaikan studinya paling lama 3 tahun.
  2. Setiap mahasiswa wajib menyelesaikan riset tesis paling lama selama  2 semester.
  3. Setiap semester menghasilkan riset ekonomi syariah yang 25% riset tugas perkuliahan dan tesisnya dalam bentuk studi pustaka.
  4. Setiap semester menghasilkan 50% makalah atau tugas matakuliah yang mengangkat tema ekonomi syariah berbasis kawasan bisnis dan wilayah di Borneo.
  5. Setiap semester paling minimal melaksanakan satu kali public lecture dengan pembicara berlatar professional dalam bidang ekonomi syariah berlevel nasional.
  6. Setiap tahun menghasilkan minimal 5 (lima) karya akademik yang diterbitkan berskala regional.
  • Strategi

Strategi yang diterapkan untuk mencapai sasaran seperti telah dikemukakan diatas dengan menggunakan strategi:

  1. Mulai 2018 mendesain program perkuliahan yang didukung oleh sistem informasi dan memaksimalkan layanan SIAKAD. (siakad.iainptk.ac.id)
  2. Mulai 2019 semua makalah, tugas dan tesis wajib lolos uji Turnitin plagiarism checker.
  3. Mulai awal tahun 2019 melakukan kuliah umum dari pembicara nasional dan internasional minimal 1 kali dalam 1 semester.
  4. Mulai tahun 2019 dilaksanakan workshop penulisan artikel ilmiah berstandar jurnal bereputasi.
  5. Pada akhir tahun 2019 telah tersedia minimal 50% referensi otoritatif sesuai dengan matakuliah yang ditawarkan di program studi.
  6. Paling akhir di tahun 2019 telah tersedia perkuliahan yang menggunakan Sistem Informasi.
  7. Tahun 2019 melakukan bimbingan teknik penulisan tesis.
  8. Mulai awal tahun 2019 membuat kebijakan penulisan tesis dan makalah dan tugas perkuliahan merujuk literature berbahasa asing (Arab dan Inggris).
%d bloggers like this: