[featured_image]
Download
Download is available until [expire_date]
  • Version
  • Download 61
  • File Size 1.80 MB
  • File Count 1
  • Create Date 06/26/2022
  • Last Updated 11/20/2023

Buku Pedoman Akademik Pascasarjana IAIN Pontianak 2022

Perkembangan dunia Pendidikan tinggi saat ini telah memasuki era 4.0 yang mana dunia pendidikan harus mampu menyesuaikan dunia pendidikan dengan penggunaan teknologi informasi, didalam menghasilkan produk lulusan yang berkualitas. Baik dilihat dari perkembangan ilmu pengetahuan, kontribusi pemerintahan pusat dan daerah, serta masyarakat dan kebutuhan masyarakat terhadap keberadaan dan manfaat bagi perkembangan masyarakat dan bangsa. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, khususnya Pascasarjana yang menjadi asset masyarakat Provinsi Kalimantan Barat bahkan asset Indonesia, ingin terus mewujudkan visi dan misi IAIN Pontianak, sehingga dapat menjadi bagian dari pembentukan bangsa dan pembangunan Negara Indonesia. Program-program yang kondusif bagi masyarakat dan bangsa terus-menerus dikembangkan di IAIN Pontianak yang berkeinginan menjadi pusat kajian, pengembangan dan pengamalan ajaran Islam dan kebudayaan lokal. Rintisan ke arah tersebut telah dilakukan dengan memperbaiki berbagai aspek, tidak hanya aspek fisik dalam bentuk sarana dan prasarana, tetapi aspek akademik yang menjadi jantung kegiatan pendidikan di IAIN Pontianak.

Pengolahan proses Pendidikan dan pengajaran mencakup berbagai kegiatan mulai dari perencanaan program pendidikan, penyiapan mahasiswa masuk dalam program pendidikan, pelaksanaan pendidikan, pengajaran, pemantauan dan evaluasi proses belajar dan mengajar serta pengolahan datanya. Pelaksaaan kegiatan-kegiatan ini melibatkan berbagai unit dan unsur dalam sistem organisasi dan seluruh civitas akademika. Kelancaran penyelenggaraan tugas unit atau unsur yang lain. Oleh karena itu, pembagian tugas, tanggung jawab dan kewenangan, penjadwalan tugas, tata kerja, dan lain- lain yang termasuk dalam sistem pengelolaan pendidikan dan pengajaran perlu dipahami, disepakati, dan dipatuhi bersama.

Guna mendukung kelancaran pengelolaan pendidikan dan pembelajaran serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mengenai informasi kegiatan di program Pascasarjana IAIN Pontianak, maka perlu disusun Pedoman Akademik Pascasarjana IAIN Pontianak. Pedoman akademik ini merupakan jabaran dari kebijakan akademik IAIN Pontianak, karena itu maka pedoman operasional akademik yang dilaksanakan di Pascasarjana IAIN Pontianak, yang menjadi bagian penting dari perwujudan implementasi kebijakan IAIN Pontianak khususnya Pascasarjana, terus dilakukan perbaikan, dan perubahan sesuai dengan perkembangan yang terjadi. Hal ini terkait dengan keinginan untuk mewujudkan visi IAIN Pontianak, dan dalam rangka menyikapi perubahan paradigma pengembangan pendidikan tinggi (peningkatan daya saing bangsa, otonomi, dan kesehatan organisasi). Kegiatan akademik adalah inti dari penyelenggaraan pendidikan tinggi, oleh karena itu penyusunan Pedoman Akademik Pascasarjana ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mempercepat tercapainya visi IAIN Pontianak sebagaimana dimaksudkan di atas.

Terima kasih dan penghargaan yang tinggi saya sampaikan kepada seluruh civitas akademika Pascasarjana IAIN Pontianak dan kepada para pakar pendidikan yang telah membantu memfasilitasi terbitnya pedoman ini, khususnya kepada Tim Penyusun dan Tim Pembahas Pedoman Akademik Program Pascasarjana IAIN Pontianak ini. Semoga Allah SWT Senantiasa memberikan kekuatan lahir batin kepada kita semua. Amin.

Leave a Comment