Jum’at 25 November 2022, Pascasarjana IAIN Pontianak mengadakan kompetisi karya tulis ilmiah dengan tema “The 1st Borneo Annual Paper Competition On Islam Studies” (BAPCIS) 2022.

Kompetisi “The 1st Borneo Annual Paper Competition On Islam Studies” (BAPCIS), diperuntukkan untuk diikuti oleh mahasiswa Pascasarjana IAIN Pontianak dan mahasiswa Pascasarjana dari luar IAIN Pontianak. Untuk mengikuti kompetisi ini, perserta harus membuat tulisan ilmiah dengan tema yang sudah ditentukan dan mengirim artikelnya kepada panitia paling lambat tanggal 20 November 2022. Selanjutnya artikel yang diterima panitia telah dinilai kesesuaian dengan tema dan kesesuaian dengan ketentuan menulis karya ilmiah dengan standar uji kemiripan. Panitia telah menerima sejumlah artikel dari berbagai kampus di Indonesia.

Artikel yang diterima telah diseleksi oleh tim penilai yang ditetapkan oleh Pascasarjana IAIN Pontianak. Untuk itu, artikel terpilih yang masuk nominasi diumumkan hari ini untuk mengikuti kegiatan presentasi untuk juara 1-3 dan penyerahan secara simbolis hadiah masing-masing pada tanggal 30 November 2022.

Tema dalam kompetisi BAPCIS antara lain: Islamic Educatioan, Islamic Law, Islamic Ekonomi, Living Qurā€™an, living Hadits, Religious Moderatioan,Halal Industry, dan Islamic Philanthropy.

Dalam BAPCIS yang pertama ini, panitia penyelenggara menerima 94 artikel dari mahasiswa Pascasarjana IAIN Pontianak dan dari mahasiswa Pascasarjana dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Hal ini menjadi prestasi yang membanggakan bagi panitia penyelenggara, karena gairah penulisan artikel dikalangan mahasiswa pascasarjana cukup besar.

Dari 94 artikel yang diterima panitia, terdapat beberapa artikel yang berasal dari perguruan tinggi dari luar Kalimantan Barat. Hal ini menunjukkan bahwa kompetisi karya tulis ilmiah yang diselenggarakan oleh Pascasarjana IAIN Pontianak dapat disebarkan ke seluruh Indonesia. Karena antusiasme ini, panitia patut berbangga karena kegiatan yang diadakan dapat menarik peserta dari berbagai daerah.

Dari kegiatan kompetisi karya tulis ilmiah ini, panitia termotivasi untuk mengadakan kompetisi yang lebih besar dan dapat diikuti oleh mahasiswa Pascasarjana di PTKI seluruh Indonesia. Panitia mengucapkan terima kasih kepada peserta yang berpartisipasi dalam BAPCIS yang pertama ini.

Panitia juga mengucapkan selamat bagi para peserta yang sudah berpartisipasi mengirimkan karyanya, khususnya bagi perserta yang artikelnya masuk nominasi terpilih untuk datang ke Pontianak pada tanggal 30 November 2022 nanti. Dan bagi peserta yang mendapatkan nominasi calon juara satu, dua, dan tiga, diundang untuk mempresentasikan artikel ilmiahnya pada kegiatan tersebut. Silahkan baca pengumuman hasil nominasi calon pemenangĀ tersebut.

[pdfviewer width=”800px” height=”849px” beta=”true/false”]http://pascasarjana.iainptk.ac.id/wp-content/uploads/2022/11/Surat-Pengumuman-Nominator-BAPCIS-2022-Terbaru_signed.pdf[/pdfviewer]