Pontianak, Rabu 06 September 2023. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak lakukan Audit Mutu Internal (AMI) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.

Audit Mutu Internal (AMI) dilakukan oleh beberapa auditor yang sangat kompeten didalamnya  untuk mengaudit dengan baik. Untuk Pascasarjana IAIN Pontianak LPM telah menunjuk 2 (dua) orang auditor internal, yaitu: Dr. Fauziah, M. Pd dan Bapak Erwin B Sumantri, M.Pd.

Pelaksanaan audit mutu internal ini dihadiri langsung oleh Direktur Pascasarjana IAIN Pontianak Prof. Dr. H. Zaenuddin, MA, Wakil Direktur Dr. Sahri, MA, Kaprodi MPAI Dr. Sukino, M. Ag, Sekprodi MPAI Bapak Suryanto, M. Th.I, Sekprodi MES Ibu Nur Atika, M.S.I, Ketua Pusat Penjamin Mutu Pascasarjana IAIN Pontianak Dr. Wahab, M. Ag dan Kasubbag TU Bapak Adnan, SE.

Tantangan zaman yang terus berubah dan kompleksitas isu-isu global mendorong IAIN Pontianak untuk mengambil langkah-langkah transformasional guna meningkatkan daya saingnya secara lokal, nasional, dan internasional. Dalam menghadapi arus revolusi industri 4.0, IAIN Pontianak diharapkan dapat beradaptasi melalui penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang menjadi pilar utama dalam strategi pengembangan institusi yang diarahkan oleh pimpinannya.

Proses peningkatan mutu internal di IAIN Pontianak harus berkelanjutan, dengan dukungan yang kuat dari sumber daya manusia, peraturan, dan dokumen yang memadai. Oleh karena itu, keberadaan Dokumen Standar Mutu sangatlah penting, karena menjadi pedoman yang memberikan arahan untuk melakukan perubahan dan memfasilitasi pengelolaan mutu di lingkungan kampus. Dokumen ini memiliki peran krusial dalam menjadikan IAIN Pontianak sebagai pelaku utama yang unggul, responsif, dan terkemuka baik di skala nasional maupun internasional.

Kegiatan audit ini ditujukan kepada Pascasarjana IAIN Pontianak yang melingkupi Penjaminan Mutu internal program studi, Kemahasiswaan program studi, serta Sumber daya manusia (SDM) yang menjalankan Kurikulum program studi. Pelaksanaan prosesnya, pihak yang di audit dalam pertemuannya dengan Tim Audit, akan sama-sama mengevaluasi serta menanyakan dokumen sesuai ruang lingkup yang akan menjadi bahan evaluasi pengembangan kelembagaan.

Prof. Dr. Zaenuddin, MA. Selaku Direktur Pascasarjana IAIN Pontianak, menjelaskan bahwa “kami sangat mendukung penuh pelaksanaan AMI ini demi mewujudkan sistem tata kelola lembaga yang mapan dan lebih baik lagi, terutama untuk setiap program studi di Pascasarjana yang masih harus terus berkembang dan lebih baik untuk kedepannya‚ÄĚ. Ujar nya