Menyambut Hari Santri Nasional, Pondok Pesantren Ushuluddin Singkawang Kalimantan Barat sukses menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) Quantum Hijaiyah kepada 60 guru TK dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di lingkungan Ponpes Ushuluddin (22/10/2021)

Quantum Hijaiyah adalah temuan revolusioner dosen IAIN Pontianak, Dr. Samsul Hidayat, MA sebagai sebuah metode cepat membaca al-Quran. Dalam waktu 19 jam murid pemula sudah bisa membaca ayat-ayat al-Quran dengan perlahan-lahan.

Kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah Ushuluddin, Hj. Masruraini, S.Ag, M.Pd. mengucapkan terimakasih kepada CEO Quantum Hijaiyah, Dr. Samsul Hidayat, MA yang telah bersedia melatih para guru menggunakan Iqra Quantum Hijaiyah untuk selanjutnya akan diterapkan kepada 683 siswa MI dan 84 siswa Raudatul Atfal (RA) Ushuluddin Singkawang.

Kepala Sekolah, juga mengatakan bahwa kegiatan pelatihan Quantum Hijaiyah ini adalah salah satu upaya sekolah dalam memberikan layanan yang terbaik kepada siswa, khususnya dalam bimbingan baca al-Quran yang semakin lama dikatakan Hj. Masruraini semakin banyak yang belum bisa baca Quran dan lambat dalam mengaji.

Kegiatan Bimtek ini berjalan dengan semarak dan menyenangkan. Para peserta yang sebagian besarnya adalah guru RA dan MI, mengikuti seluruh rangkaian pelatihan dengan tertib, focus dan melakukan banyak praktek atau simulasi dalam menggunakan metode Quantum Hijaiyah.

Sebagian peserta juga berasal dari mahasiswa IAIN Pontianak yang sedang melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Ponpes Ushuluddin Singkawang. Mahasiswa terlihat sangat antusias dan langsung beradaptasi dengan para guru dalam mengikuti kegiatan pelatihan.

Pada kegiatan simulasi, para guru mencoba mempraktekkan bagaimana melatih murid mengeja huruf hijaiyah dengan metode Quantum Hijaiyah. Metode Quantum Hijaiyah memiliki keunikan tersendiri di bandingkan beberapa metode cepat baca al-Quran di Indonesia. Salah satu kekhasan metode ini adalah teknik yang digunakan merupakan upaya memaksimalisasi fungsi otak kanan dengan mengasosiasikan huruf hijaiyah dalam sebuah gambar dan warna, serta mengganti penyebutan huruf menjadi abjad Indonesia.

Dr. Samsul Hidayat, MA merupakan dosen IAIN Pontianak yang saat menjabat sebagai Wakil Direktur Pascasarjana. Aktivitas pengabdian pada masyarakat merupakan salah satu tugas tri dharma dosen yang dilakukan sebagai bentuk implementasi karya dosen yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Informasi Quantum Hijaiyah dapat di akses di www.quantumhijaiyah.com atau di media lain seperti Youtube dan TikTok dengan nama Quantum Hijaiyah.

Leave a Comment