Pascasarjana IAIN Pontianak Gelar Workshop Perangkat Akademik

21 October 2019
Komentar: 0
Kategori: Berita, Blog, Kolom Direktur
21 October 2019, Komentar: 0

Pontianak (iainptk.ac.id)– Pascasarjana IAIN Pontianak melaksanakan Workshop Perangkat Akademik, Senin (21/10) di Gedung Rektorat lt.2 IAIN Pontianak. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 21 sampai 23 Oktober 2019. Workshop ini diikuti oleh 30 peserta meliputi dosen Pascasarjana dan pejabat di lingkungan IAIN Pontianak.

Secara resmi kegiatan ini dibuka oleh Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Syarif, MA. Dalam sambutannya Rektor IAIN Pontianak memberikan arahan terkait kegiatan workshop perangkat akademik ini. “Penelitian dan riset mahasiwa S1 dan Pascasarjana harus menghasilkan buku. Untuk angkatan ini saya dengan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga sudah sepakat baik di pasca maupun di S1 bahwa riset anak-anak itu harus sudah menghasilkan buku” ungkapnya.

Rektor juga mengatakan untuk workshop ini agar fokus kepedoman tesis atau penulisan tesis saja. Menurut ketua panitia Workshop Perangkat Akademik Pascasarjana IAIN Pontianak, Dr. Sukino M.Ag. “Kegiatan ini utamanya akan membahas naskah akademik penyusunan tesis mahasiswa Pascasarjana. Selain itu pembahasan tentang perangkat akademik yang akan dilakukan oleh tim tersendiri.

Dr. Sukino M.Ag juga berharap “Mahasiswa Pascasarjana harus memiliki paradigma penelitian yang kritis berdasarkan teori-teori klasik maupun teori-teori modern yang bisa kita kembangkan. Tentunya melalui pedoman naskah akademik itulah kita bisa menghantarkan mahasiswa untuk memiliki sikap memiliki keterampilan dan pengetahuan tentang ilmu pengetahuan yang diimplementasikan dalam sebuah penelitian. Naskah ini diharapkan dapat menjembatani mahasiswa Pascasarjana IAIN Pontianak meneliti dengan bidang keilmuan Pendidikan dan bidang keilmuan Ekonomi Syariah.” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana Dr. Misdah, M.Pd menyatakan bahwa apa yang akan disusun oleh tim pascasarjana dan narasumber ini bisa dijadikan suplemen untuk institut. Pedoman penulisan karya ilmiah yang ada di institut ini juga nantinya akan dijadikan satu buku, yang akan dipergunakan untuk S1 dan S2.

Dr. Misdah juga mengharapkan kepada narasumber dan kepada seluruh anggota untuk memberikan sumbangsih pemikiran tentang harapan-harapan untuk mewujudkan visi misi institut khususnya juga di Pascasarjana IAIN Pontianak. “Harapan-harapan kami kedepannya karya-karya dosen dan mahasiswa betul-betul menggambarkan visi misi IAIN Pontianak. Oleh karena itu sangat dibantu dengan pedoman penulisan tesis ini, betul-betul mengakomodir visi misi itu.” harapnya.

Penulis : Zhazha Vergi Regina
Editor: Aspari Ismail

Sumber: https://iainptk.ac.id/pascasarjana-iain-pontianak-gelar-workshop-perangkat-akademik/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: