Semarang – Pascasarjana.iainptk.ac.od, Dalam upaya mengembangkan IAIN Pontianak menjadi UIN Pontianak, Pascasarjana melakukan konsultasi pembukaan prodi S3 ke beberapa perguruan Tinggi Islam yang memiliki reputasi baik di Indonesia. Direktur Pascasarjana IAIN Pontianak Dr. Ismail Ruslan, M.Si menugaskan Wakil Direktur Pascasarjana IAIN Pontianak Dr. Samsul Hidayat, MA melakukan konsultasi ke UIN Walisongo Semarang Jawa Tengah (24/3/21).

Kegiatan konsultasi di UIN Walisongo dihadiri oleh Dr. H. Muhyar Fanani, M.Ag selaku Wakil Direktur Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Banyak informasi penting yang disampaikan oleh Wadir Pasca UIN Walisongo diantaranya trend kejenuhan masyarakat untuk mengikuti perkulihan S3 di UIN Walisongo yang saat ini hanya memiliki 1 prodi yaitu Studi Islam. Menurut Muhyar, beberapa perguruan tinggi di Semarang Jawa Tengah banyak membuka prodi Pendidikan Agama Islam dalam rangka menjawab tuntunan pasar yang menginginkan spesifikasi keilmuan mereka.

Menurut Muhyar Fanani, UIN Walisongo belum berencana mengembangkan prodi baru S3 selain Studi Islam sejak berdiri tahun 2006. Hal ini karena di prodi Studi Islam banyak memiliki konsentrasi keilmuan seperti Studi Islam, Ilmu Falak, Manajemen Halal, Hukum Keluarga Islam, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Syariah, Ushul Fiqh dan Maqasid Syariah, serta Manajemen Wakaf. Banyaknya konsentrasi bidang keilmuan di Prodi S3 Studi Islam ini menyebabkan UIN Walisongo masih focus dalam mengambangkan prodi tersebut, karena di waktu yang bersamaan, pada saat akan menambah prodi khusus Pendidikan Agama Islam, saat ini banyak kampus yang sudah mendirikan prodi yang sama.

Saat ini Pascasarjana IAIN Pontianak masih menggodok pembukaan prodi S3 dengan beberapa rencana prodi seperti prodi Pendidikan Agama Islam dan prodi Studi Islam. Beberapa tahapan dilakukan seperti melakukan survey kelayakan dan peminatan dari stakeholeder dan user, baik dari alumni IAIN Pontianak maupun masyarakat luas. Sebagai bentuk kesiapan pembukaan prodi, IAIN Pontianak saat ini telah membentuk Tim Pengembangan Prodi Baru S2 dan S3 di lingkungan Pascasarjana IAIN Pontianak yang diketuai oleh Dr. Arif Sukino, M.Ag.

Editor: Didi Darmadi

Leave a Comment