Pascasarjana IAIN Pontianak melakukan benchmarking ke Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMBS) dengan menugaskan Kaprodi Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI), Dr. Arif Sukino, M.Ag dan Kaprodi Magister Ekonomi Syariah (MES), Dr. Luqman Hakim, M.S.I. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20-21 Mei 2023. Tim dari pascasarjana IAIN Pontianak disambut oleh  Dr. Mahyuddin Ritonga, MA selaku direktur Pascasarjana UMSB beserta jajaran pimpinan dan dosen kampus yang berlokasi di Kota Padang tersebut.

Menurut Arief Sukino, kegiatan ini dilakukan guna saling bertukar informasi dalam tata kelola organisasi khususnya kinerja program studi terutama dalam menghadapi akreditasi program studi. Prodi MPAI di UMSB mendapat predikat akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Pendidikan (LAMDIK).

Dalam sambutannya, Dr. Mahyuddin Ritonga mengungkapkan kegembiraannya akan kedatangan Tim Benchmarking dari IAIN Pontianak, selain itu juga saat ini sebuah perguruan tinggi hendaklah melakukan kolaborasi dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarkat.

Selain bertukar informasi dalam tata kelola program studi serta berbagi pengalaman dalam  akreditasi, Tim Pascasarjana mengisi Studium Generale yang laksanakan di Aula kampus UMBS yang dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa pascasarjana. Dalam memperkuat kerjasama antar dua kampus ini, ditandatangani juga perjanjian kerjasama antar pascasarjana. Kedepannya akan dilaksanakan kegiatan kolaborasi yang menunjang kegiatan mahasiswa dan dosen dimasing-masing pascasarjana.