Pontianak, Rabu 15-03-2023. Pascasarjana Program Studi Magister Ekonomi Syariah IAIN Pontianak, Civitas Akademika Program Studi Magister Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, mengadakan rapat lanjutan untuk membahas persiapan akreditasi Program Studi Magister Ekonomi Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak yang dihadiri oleh Kaprodi MES Bapak Dr. Luqman, M. S.I, Sekprodi MES Bapak Faizal Abdullah, MM. serta para Staf TU Pascasarjana IAIN Pontianak.

Dalam rapat tersebut  membahas beberapa hal mengenai persiapan dan kelengkapan dalam rangka persiapan akreditasi tersebut yang mana  perlu memperhatikan kelengkapan dari 9 kriteria yang ada pada borang. serta menyatukan dan menguatkan persepsi  untuk mencapai  nilai sangat baik.

Kaprodi MES Bapak Dr. Luqman, M. S.I, mengatakan bahwa ‚ÄúDokumen Akreditasi Program Studi Magister Ekonomi Syariah kemungkinan besar akan mulai disubmit pada akhir September 2023. Oleh sebab itu, dokumen yang belum lengkap harus segera dituntaskan untuk melengkapi proses persiapan akreditasi.‚ÄĚ Ujarnya.

Lebih lanjut Kaprodi Magister Ekonomi Syariah (MES) menyampaikan bahwa guna memudahkan proses persiapan akreditasi kita perlu membagi tugas terkait data yang diperlukan agar lebih memudahkan proses penyajian data-data yang diperlukan, tiap kriteria harus dibagi-bagi perorang, siapa saja yang memegang kriteria tersebut. Kemudian  kita juga perlu data dosen untuk kita kumpulkan karna hal itu dapat menunjang kekuatan dalam hal penyajian data. Oleh sebab itu, jika ada kendala terkait permintaan data dosen saya bisa membantu konfirmasi terkait data yang diperlukan.

Bapak Faizal Abdullah, MM selaku Sekretaris Prodi MES juga menyampaikan terkait persiapan akreditasi tersebut, beliau menyampaikan bahwa‚ÄĚ salah satu yang dapat kita lakukan untuk mempermudah pembagian tugas tersebut yaitu dengan cara¬† memBuat format tabel borang, membuat google drive agar dapat terkoneksi langsung ke borang, dan yang seKiranya ada sesuatu yang membinggungkan dicatat saja dan dilaporkan dan disampaikan ketika rapat selanjutnya, hal ini semua kita lakukan agar dapat tercipta Progres yang jelas sehingga nampak hasilnya seperti yang kita inginkan bersama. ‚ÄúPungkasnya.

Dalam mempersiapkan akreditasi harus ada sinergisitas dari semua pihak. Apalagi berdasarkan pengalaman, dibutuhkan biaya dan waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkan borang akreditasi agar mendapatkan nilai yang maksimal.

Penulis: Syamsul Arifin
Editor: Dr. Luqman, M. S.I