(Pascasarjana) Operator Pascasarjana menghadiri undangan kegiatan Sinkronisasi Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) IAIN Pontianak tahun 2022. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Data (PTID) IAIN Pontianak, yang berlangsung di Hotel Ibis Pontianak, pada 3-4 Agustus 2022.

Rektor IAIN Pontianak Dr. H. Syarif, S.Ag, MA menyampaikan dalam  kata sambutan pertama setelah pelantikannya menjadi Rektor kembali Periode 2022-2026. Berkaitan dengan Sinkronisasi PDDikti IAIN Pontianak, Rektor menginginkan setiap unsur untuk selalu upgrade dengan perkembangan digital di tingkat kampus.

Pimpinan ingin membantu bagian pelayanan dengan sistem digital. Sekarang kita akan menyinkronkan dari data lama ke Sistem Informasi Akademik (Siakad) yang baru. Banyak data yang bisa diintegrasikan. Sudah masanya untuk menyinkronkan data.

Rektor meminta, kegiatan sinkronisasi ini bisa diprogramkan tidak hanya setahun sekali. Ketua Program Studi diminta untuk lebih aktif dalam mengurus mahasiswa. “Setiap masalah mahasiswa tolong diselesaikan di tingkat Prodi. Begitu juga sebaliknya PTID membimbing teman-teman di Prodi,” pintanya.

“Digitalisasi ini dilakukan untuk pengelolaan kampus. Hal ini untuk memudahkan masyarakat (mahasiswa) dalam mendapatkan layanan kampus. Ini awal kerja kita menyinkronkan data dan ujung tombak ada di Prodi,” tegasnya.

Kepala PDDIKTI Dr Imron Muttaqin.S.Pd.I,M.Pd.I menyampaikan dalam kata sambutannya kegiatan ini berisikan Sharing tentang tantangan pelaporan PDDikti dan Pelatihan Sinkronisasi Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

Beliau juga menyampaikan “Pelaporan PDDikti menjadi sangat penting karena pada saat ini Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi di lihat dari pelaporan PDDikti, dan juga penggunaan pin kelulusan mahasiswa melihat data pelaporan PDDikti, jika pelaporan rapi dan akurat maka mahasiswa dinyatakan memenuhi syarat untuk mendapatkan pin.”

Pada kegiatan Singkronisasi data PDDIKTI ini Pascasarjana IAIN Pontianak di hadiri oleh Kaprodi MPAI, Kaprodi MES dan operator siakad Pascarsarjana.

Leave a Comment