Pontianak, Selasa 14 Februari 2023 (Pascasarjana IAIN Pontianak). Direktur Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) memimpin rapat koordinasi dan evaluasi dosen dan pimpinan dalam rangka menyambut semester genap mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam dan Magister Ekonomi Syariah Pascasarjana Tahun Ajaran 2022/2023.

Koordinasi dan evaluasi ini dilakukan untuk menjadikan Pascasarjana IAIN Pontianak lebih baik lagi dalam pengelolaan baik dari segi administrasi dan lain sebagainya. Prof. Dr. H. Zaenuddin, MA selaku Direktur Pascasarjana menyampaikan dalam sambutannya, beliau mengharapkan kerjasama dan kerja keras semua dosen dalam pembelajaran agar mahasiswa S2 lebih baik ,efektif dan efisien dalam kegiatan pembelajaran, beliau juga berharap di tahun 2023 siakad dapat  bisa terintegrasi dengan el-learning dengan PTID.

Selanjutnya Prof. Dr. H. Zaenuddin, MA juga mengajak dan memberikan arahan mengenai bagaimana strategi yang perlu di lakukan untuk mencapai semua target tersebut. Dalam Sesi Pengarahan juga dibuka lebar bagi seluruh dosen yang hadir, untuk turut memberikan saran/masukan tambahan mengenai strategi apa yang peerlu dibangun dalam pencapaian target.

Dr. Abdul Mukti, MA Sebagai salah satu Dosen Pascasarjana IAIN Pontianak memberikan masukan disamping harus gagah secara fisik yaitu dengan kita harus mempunyai gedung tersendiri. Selanjutanya tidak cukup sampai disitu agar supaya lebih maju kita juga perlu bekerjasama dan melakukan kegiatan internasional demi memajukan pascasarjana IAIN Pontianak.‚ÄĚUjarnya.

Dr. Wahab, M. Ag Sebagai Dosen juga memberikan masukan dan saran guna menjadikan pascasarjana lebih baik, beliau menyarankan agar pertemuan awal untuk perkuliahan semester genap tahun akademik 2022-2023¬†¬† dilaksanakan melalui offline secara serentak salah satunya membuat kebijakan minimal dalam satu semester harus ada perkuliahan offline meskipun 2 atau 3 kali pertemuan agar dosen bisa mengenal dan memaksimalkan dalam mengenal mahasiswa,. Beliau juga menambahkan bahwa untuk perkuliahan offline agar tidak boleh di abaikan atau dihilangkan‚ÄĚ tuturnya. Selain itu mahasiswa didorong untuk menulis jurnal ilmiah.

Direktur Pascasarjana yakni Prof. Dr. H. Zaenuddin, MA juga menyampaikan mengenai sistem perkuliahan semester genap yang akan di laksanakan sepertinya sudah bisa dilakukan dalam bentuk offline mengingat sudah tidak dalam suasana covid-19. Oleh sebab itu, Direktur Pascasarjana menyampaikan bahwa perkuliahan dapat juga dilakukan secara offline.

Dr. Sukino, M. Ag selaku Kaprodi Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI) juga menyampaikan terkait system perkuliahan di semester genap tahun akademik 2022-2023 beliau juga menyetujui  jika perkuliahan dilaksanakan secara offline dan serentak oleh semua dosen khususnya dosen-dosen yang ada di pascasarjana IAIN Pontianak. Kaprodi MPAI juga berharap agar supaya perkuliahan disemester ini tidak molor/tertunda.

Kaprodi Magister Ekonomi Syariah Dr. Luqman, M. S.I menyampaikan terkait system perkuliahan‚ÄĚ Jikapun perkuliahan harus dilakukan secara daring (Online) maka kami akan menyediakan fasilitas berupa zoom meeting,¬† kita berharap setiap matahuliah berbasis produk, baik berupa buku, artikel jurnal, maupun produk ilmiah lainnya guna memproduksi karya dosen dan mahasiswa. Ujarnya.

Kegiataan rapat evaluasi dan koordinasi dosen dan pimpinan ini dihadiri langsung oleh unsur pimpinan mulai dari Direktur, Wakil Direktur Pascasarjana, Kaprodi Magister Pendidikan Agama Islam, Kaprodi Magister Ekonomi Syariah serta seluruh dosen yang mengajar di Pascasarjan IAIN Pontinak.

Sebagai penutup dalam rapat koordinasi dan evaluasi Dosen , ditutup dengan Do’a yang sangat indah dari Ust. Surianto, M. Th.I selaku sekretaris prodi MPAI.